Pendaftaran dan Shortlisting Peserta

IRSA 2015 dilaksanakan secara terbuka di mana pemerintah kabupaten (Pemkab) dan pemerintah kota (Pemkot) bisa mendaftarkan diri untuk berpartisipasi dalam event ini. Partisipasi dalam event ini TIDAK DIKENAKAN BIAYA apa pun, Pemkab/Pemkot yang tertarik cukup mengisi dan mengirimkan formulir pendaftaran dan isian data IRSA 2015 yang bisa di- download  di sini.

Panitia IRSA 2015 selalu berusaha meningkatkan kualitas dari ajang penghargaan ini. Selain mengubah kategorisasi peserta dari kota metropolitan (> 1000.000 penduduk), kota besar (500.001 – 1000.000 penduduk) dan kota sedang (< 500.000 penduduk) menjadi :

  1. Kategori Kota dengan penduduk di atas satu juta penduduk
  2. Kategori Kota dengan penduduk di bawah satu juta penduduk
  3. Kategori Kabupaten dengan penduduk di atas satu juta penduduk
  4. Kategori Kabupaten dengan penduduk di bawah satu juta penduduk.

Mulai IRSA 2015 pendaftaran peserta bisa dilakukan secara online melalui website ini. Calon peserta cukup membuat akun dari kolom pendaftaran di halaman depan kemudian mengisi dan meng-upload data-data kelengkapan. Dengan begitu peserta depat memilih cara mana yang dianggap lebih mudah untuk mendaftarkan diri.

Peserta yang telah terdaftar akan diseleksi kelengkapan datanya. Data-data itu kemudian direkap dan di-shortlisting oleh para panelis. Data-data pokok (key standard data) keselamatan jalan tersebut diantaranya jumlah kecelakaan, jumlah korban meninggal, panjang jalan, jumlah penduduk, perbandingan jumlah penduduk dan jumlah korban meninggal, dll.

Panitia bersama sejumlah pakar keselamatan jalan akan memilih dan merangking kota terbaik untuk setiap kategori berdasarkan evaluasi terhadap data-data tersebut, pengetahuan, pengalaman dan informasi lain yang relevan. Kota-kota yang memiliki ranking terbaik dipilih menjadi Kabupaten dan Kota semifinalis dan masuk ke tahap survei dan observasi.